Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 311
Pengunjung Bulan ini : 395
Total Pengunjung : 7032

Produk Unggulan

BUMDes Kerti Bhuana Jaya


SABA: Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimaksudkan untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat Istiadat dan budaya setempat, maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk di kelola oleh masyarakat melalui program atau proyek Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah. Sebagai sebuah usaha desa, pembentukan BUMDes adalah benar-benar untuk memaksimalisasi potensi masyarakat desa baik itu potensi ekonomi, sumber daya alam, ataupun sumber daya manusianya. Secara spesifik, pendirian Bumdes adalah untuk menyerap tenaga kerja desa meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah.
Sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes ini adalah untuk melayani masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produktif. Tujuan lainnya adalah untuk menyediakan media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat.

    
Didalam Undang-undang terbaru No. 6/2014 tentang desa juga disinggung Badan Usaha Milik Desa, yang selanjutnya disebut BUM Desa, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. 

      
BUMDes Kerti Bhuana Jaya Desa Saba merupakan Badan Usaha Milik Desa yang memiliki unit usaha dibidang Pengelolaan Air Bersih dan Penyediaan Kebutuhan Perlatan Kantor Kantor dan Sekolah. Saat ini unit usaha air minum sudah melayani 57 sambungan rumah (SR) dengan biaya sambungan awal sebesar Rp. 1.700.000, biaya beban Rp. 15.000 dan biaya pemakaian Rp. 2.000 per meter3. Saat ini unit pengelolaan air bersih dikelola oleh KPSPAMS Toya Saba. 


Disamping pengelolaan air bersih, satu lagi unit usahanya dibidang penyediaan peralatan kantor dan sekolah yang bernaung dibawah Warung Desa Saba. Yang menyediakan ATK, Fotocopy, Pencetakan dan Penjilidan dokumen. Disamping itu, juga melayani konsumsi untuk keperluan rapat-rapat. 
Pemertintah Desa tahun 2019 mengalokasikan penyertaan modal ke BUMDes Kerti Bhuana Jaya sebesar Rp. 100.000.000 yang bersumber dari dana desa. Tahun 2020 rencana juga penambahan  modal  BUMDes sebersar Rp. 100.000.000 bersumber dari ADD.

Dari UU No. 6/2014 dapat disimpulkan bahwa BUMDes saat ini diharapkan memegang peranan penting dalam pengembangan potensi desa khususnya dalam mengelola keuangan desa yang ada di wilayahnya. SUMBER

 

 

 


Share :